Wednesday, November 19, 2014

Toilet Training On Progress

picture taken by google

Halo Sabiq kagi belajar Potty Train nih... Eh lebih tepatnya belajar untuk gak pake pospak lagi..
Sebenernya untuk latihan lepas pospak itu katanya sih waktu yg paling ideal 18-24 bulan karna tahap belajar lepas pospak ini gak sebentar waktunya. ada yang bilang juga latihan lepas pospaknya ak boleh berbarengan sama waktu mau disapih ASI. Jadi si emak mulai deh brosing brosing tips n trick potty train.  cari tau kapan anak siap untuk dilatih lepas pospak, dsb, dsb.

Sebenernya juga yang perlu lebih siap adalah emaknya atau pengasuh karna harus siap untuk lebih repot dan lebih capek lagi..

Nih ada beberapa hal yang aku terapin untuk latian lepas pospaknya Sabiq.
1. Sebenernya mau latian lepas pospak pas di umur 18 bulan, ealah tapiiiiii si emak ini bulum siap hehehe.. trus mundur ke bulan ke 19, emak pun blum siaaaappp. trus kapan siapnya ini?? bulan ke 20 hehehe... akhirnyaaaa.. :D

2. Belajar lepas pospaknya pagi, siang, sore dulu aja.. malam belum sanggup euy hihihi :p

3. Beliin celana dalem buat si anak, kalo gw sih beliin dulu 6 bijik..

4. Liat atau perhati durasi anak pipis. atau liat gerak gerik anak kalo mau pipis. tanya anak, dia mau pipis atau nggak.

5. kalo anak normal kan biasanya pipis itu sehari semalam min 6 kali, jadi bagi aja tuh 24 jam/6 kali. hasilnya 4 jam sekali bawa anak ke WC untuk pipis.

6. kalo untuk pup di WC, ini nih yang sampe skarang belum bisa berhasil..

Nah udah hampir 4 hari ini Sabiq kalo siang udah gak pake pospak.. emaknya udah tau gerak gerik si anak kalo mau pipis, yaitu kalo dia udah mulai pegang2 celananya trus ditarik2 deh.. langsung deh ditanya dia mau pipis atau nggak atau langsung dibawa ke WC untuk pipis.

Awalnya sih pas dibawa ke WC untuk pipis dia gak pipis, pas dipakein celana lagi malah pipis -_-" ya sudah lah.. namanya juga lagi belajar.

Udah diajarin kalo mau pipis disuruh bilang, ini juga belum berhasil. kadang dia bilang " au titis", pas di bawa ke WC dia gak pipis. Atau dia bilang " yah titis", itu brati udah pipis duluan di celana.. Sabar..Sabar.. :))

Semoga aja cepet ya nak belajarnya..
Kalo udah lulus gak pake pospak siang hari, baru kita belajar lepas pospak malam hari. Mudah2an pas 2 taun udah lulus 22 nya.. jadi bisa sekalian disapih dengan WWL.. Hope so.. doaken yaaaaaaaa..:)

Sekian ^^,




No comments:

Post a Comment