Tuesday, December 13, 2011

Bikin Paspor Yuk..!!

Akhirnya..terealisasi juga bikin paspor yang telah sekian lama tertunda hihihi.. *lebay* ceritanya aku mau jalan-jalan ke singapur *gaya*, maka dari itu dibutuhkanlah paspor.. 2 minggu yang lalu aku baru buat paspor..tadinya itu ngerasa malesss banget buat bikin..males ribetnya..males masalah birokrasi indonesia yang berbelit2..males kena pungli2 yang gak jelas..banyak deh malesnya...eh..eh..eh.. tapiiii gak seribet yang dibayangkan kok..prosesnya gampang, cepat, dan gak ribet..yaaa walopun paspor itu jadinya baru 2 minggu kemudian dan kita musti balok-balik 3 kali ke imigrasi.


Persyaratan yang mesti disiapkan:
1. KTP (Asli & Fotocopy 1 lbr - jgn di potong)
2. Akte Kelahiran (Asli & Fotocopy 1 lbr)
3. Surat Nikah (bagi yang sudah nikah)
4. Ijasah Terakhir (Asli & Fotocopy 1 lbr)
5. KK (Asli & Fotocopy 1 lbr)

Beberapa catatan:
1. Bawa pulpen warna hitam (soalnya kalo beli disana mahal bo' Rp.3000)
2. Bawa TipEx (siapa tau salah ngisi, jd gak perlu beli formulir lagi)
3. Harga Formulir Rp.5000 (padahal tulisan formulir GRATIS)
4. Siapkan semua fotocopy-an (jgn mendadak fotocopy disana karna 1 lbr harganya Rp.500)
5. Datanglah pagi2, biar gak antri panjang. kantor imigrasi bukan jam 08.00. kalo bisa jam 07.30 udah berada disana.

Kedatangan pertama:
Kalo untuk kantor imigrasi jakarta selatan, langsung naik ke lantai 2 menuju koprasi/tempat fotocopy buat beli formulir. isi formulir lalu ambil no antrian di loket 5. tunggulah dengan manis sampe nomor qta di sebut. kedatangan pertama hanya pengecekan dokumen asli dan fotocopy. lalu setelah selesai qta akan diberikan kwitansi pembayaran dan tanggal kapan qta harus kembali lagi.

Kedatangan kedua:
Langsung datang ke loket pembayaran, serahkan kwitansi, lalu duduk mamis tunggu nama qta di sebut. setelah nama qta disebut, lakukan pembayaran pembuatan paspor baru sebesar Rp. 255.000-, . setelah itu kita akan dapat no antrian untuk foto, sidik jari, dan wawancara. setelah dapet no antrian foto, langsung menuju loket foto..duduk manis lagi nunggu dipanggil..proses sidikjari, foto, dan wawancara prosesnya gak lama. setelah selesai, qta disuruh untuk datang lagi setelah 4 hari kerja untuk pengambilan paspornya.

Kedatangan ketiga:
Langsung datang ke loket pengambilan dengan menyerahkan kwitansi yang qta dapat diloket pembayaran.. duduk manis sampe mana qta dipanggil...taraaammm..proses selesai..gak susah and ribet kaaaann....

semoga ini bermanfaat bagi yang ingin membuat paspor, gak pelu bayar mahal2 untuk kebiro jasa atau gak usah pake jasa calo..cukup dengan meluangkan waktu sebentar :D :D :D

No comments:

Post a Comment