Tuesday, January 4, 2011

Es Krim (makanan enak sedunia ha..ha..ha..)


Es krim merupakan menu favorit dibanyak negara. Berbahan dasar susu dan sensasi frozen yang lumer di lidah sangat pas dinikmati ketika cuaca panas. Ternyata ada banyak es krim tradisional yang tidak kalah menarik untuk dicoba. So, wanna know about it... Let's check it out...

INDONESIA
Di indonesia eskrim tradisional yang sering dikunjungin adalah es puter. es krim ini berbahan dasar santan sehingga rasanya lebih gurih dan susu hanya sebagai bahan tambahannya saja.

MALAYSIA
Kalau di Malaysia ada yang namanya Es Potong. Es ini juga berbahan dasar santan. cara penyajian dipotong dulu kemudian di tusuk stik sebagai pegangannya atau diapit dengan roti (sebernarnya di INDONESIA juga ada es potong model seperti itu.. ntah siapa yang plagiat.. Uppss.. )

JEPANG
Ada 3 es krim di jepang yang wajib dicoba yaitu maccha (es krim teh hijau), ogura (es krim kacang merah), dan es krim mochi (es krim dengan adona kue mochi). ketiga es krim itu memiliki rasa yang unik.. jujur kalo saya sih nggak suka.. he..he.. paling yang rasanya masuk dilidah ku sih ogura aja.. :P

TURKI
Dondurma adalah es krim yang paling populer berasal dari negara TURKI. aroma yng menggoda dihasilkan dari susu kambing yang dipadukan dengan sachlav (akar dari sejenis anggrek liar Turki yang dihaluskan). sachlav ini membuat tekstur dondurma lebih liat. dan biasanya para penjuan dondurma melakukan sebuah atraksi yang menarik ketika menyajikan dondurma. Aku paling penasaran sama es krim yang satu ini.. hihihi....

INDIA
Es krim Kulfi terbuat dari susu kebau degan tambahan perasa pistachio, mangga, kapulaga dan saffron. Jadi, jangan ragu mencobanya ketika anda berkunjung ke negri Bollywood (gmn rasanya ya... he..he..)

AMERIKA SERIKAT
Masyarakat AS sangat tergila2 dengan es krim. maka jangan heran bila Anda mendapatkan ukuran jumbo ketika memesan. Disana es krim yang menjadi favorit adalah dengan paduan cookies, karamel dan kacang-kacangan. (wew.. membuat berat badan naik pastinya.. ha..ha..ha..)

ITALIA
Di Italia es krim yang paling populer adalah gelatoo. Tampilan yang mirip yogurt beku membuat es ini lebih cepat lumer dibanding es krim yang biasa. Sering disajikan dalam cone atau mangkuk dan disajikan dengan wafer.

PRANCIS
Es krim yang populer di Prancis adalah es krim dengar ikadar alkohol. kandungan alkohol dalam es krim ini menimbulkan sensasi yang luar biasa ketika menikmatinya. (sepertinya saya tidak bisa makan es krim ini)

Abis nulis ini saya jadi pengen makan es krim........ Saatnya mencicipi. Selamat menikmati..!!!



source: ps:magazine

No comments:

Post a Comment