Friday, January 6, 2012

Apa itu Cinta? Apa itu Pernikahan?

Apa itu Cinta?

Suatu hari, Plato bertanya pada gurunya, "Apa itu cinta? Bagaimana saya bisa menemukannya?" Gurunya menjawab, "Ada ladang gandum yang luas di depan, jalanlah ke depan tanpa menoleh ke belakang, dan pilih hanya satu tangkai. Jika kamu menemukan yang paling menakjubkan, artinya kamu telah menemukan cinta."

Plato pun berjalan, dan tak lama, dia kembali dengan tangan kosong, tanpa mengambil satu tangkai pun. Gurunya bertanya, "Mengapa kamu tidak memilih satu tangkai pun?" Plato menjawab, "Karena aku hanya bisa memilih sekali, namun aku tidak bisa kembali dan menoleh ke belakang, mungkin aku telah menemukan yang paling menakjubkan, tapi tidak tahu apakah ada yang lebih baik ke depan, jadi aku tidak mengambilnya. Saat aku berjalan lebih jauh lagi , tangkai yang aku lihat tidak sebagus yang tadi, jadi aku tidak memilih apapun akhirnya. Gurunya lalu berkata, "Dan itu adalah cinta."


Apa itu Pernikahan?

Pada hari lain, Plato bertanya pada gurunya, "Apa itu pernikahan? Bagaimana aku bisa menemukannya?" Gurunya menjawab, "Ada hutan yang subur di depan, jalanlah ke depan tanpa menoleh ke belakang, dan tebang hanya satu pohon. Jika kamu menemukan pohon tertinggi, maka kamu telah menemukan apa itu perkawinan." Plato pun berjalan, dan tak lama, dia kembali dengan membawa pohon. Pohon itu tidak berkembang, dan itu tidak bertumbuh terlalu tinggi. Itu hanya sebuah pohon biasa. Gurunya bertanya, "Mengapa kamu memotong pohon yang biasa ini?" Plato menjawab, "Karena pengalaman aku sebelumnya. Aku berjalan di tengah-tengah hutan. Kali ini, aku melihat pohon ini, dan aku merasa bahwa itu tidak buruk, jadi aku tebang itu dan membawanya kembali. Aku tidak ingin kehilangan kesempatan. "Gurunya kemudian berkata," Dan itu adalah pernikahan."

No comments:

Post a Comment